Selasa, 13 Maret 2012

Peripheral Input dan Output, Ncomputing dan PCstation

a. Peripheral input

a.       Keyboard
gambar-211.jpg
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.

b. Mouse
mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

c.       Touchpad
gambar-213a.jpggambar-213b.jpggambar-213c.jpg
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.


d. Light Pen
gambar-214.jpg
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.



e.       Joy Stick dan Games Paddle

gambar-215.jpg
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

f.       Barcode

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.



g.      Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

h.      Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

i.        Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j.        Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
gambar-221.jpg









b.  Peripheral outPut

a.      Monitor CRT
Monitor CRT adalah monitor yang menggunakan tabung sinar katoda.
b.      Monitor LCD (Liquid Cristal Display)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAQkTL79Cs497zoocUTUgbjmcQ2T4us3YT9ynJVx7YJuMJrppUoG-8HLdte4SpNZToTkO-6vrw1hLsrdciPPy-KvA7ZcdeQfErAdA4etk6iUAGSkag_mc3mBllKxbMOSI4Bs0sR8wCo1U/s200/M.L.jpg
Monitor LCD (Liquid Cristal Display) adalah monitor yang berfungsi degan prinsip menggunakan cairan kristal khusus yang berpendar apabila  dilalui oleh sinyal lostrik sehingga manghasilkan bentuk dan warna. 


c.       Printer dot matrix
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2F-d9WLDcc3F8J_Wpc3crPd8BAPG3cUejTG7vjhyphenhyphent7NNqYI9hyphenhyphenldZU3y4aS3JTwuiNXFsjIMy4hZRye35nN-c_RBj8vfC_wmRAWFNOIGszAMDtLSTVm3W2bxG-XAfjiMmrPRHLsFQFeI/s200/P.D.jpg
dot matrix adalah hasil cetakannya dibentuk oleh hentakan jarum pada pita yang membentuk karakter berupa titik-titik yang beraturan.





d.      Printer Inkjet
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjasnFBkvv7kT-57FqQPWu_n2XFQDqFWCSbhfOBeKYNDrXqsv9kIhv9vFkQvc_GqlQqWmZcP7JSu-3HCp1og8Dar4_zOYvS0fMme3KxxD3jlTQbCOOFljfk7QIP0rZ3nvDOzPyNL4e_DZs/s200/P.I.jpg

Printer inkjet adalah menggunakan teknologi semburan tinta cair pada permukaan kertas.



e.       Printer laser Jet
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfvu3j2DBMAt9NTQLOmmvSugnTz6-nRMUqRau2JKVQsd0Vum-TQB5ITEE27Ku9bA6w6G6ypx59vVGoVe4KeMPq0E5ItHYK4KFYgdGQyMHp4e9FVQ8C5NTm0sltHjN0I6q63YmfYbmVsU4/s1600/P.L.jpg
Printer laser jet adalah menggunakan teknologi toner (bubuk tinta) yang dipanaskan.


f.       speaker
       Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
g.      Modem ADSL
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJ73s95PNCAG6YtN8FmTIdpHcf7VtZxhvuBXpGuMRRp67KjPZ85uaVxG-p5gTpiH9N4Q8iZKNfEakEfkZYzdtgJ_oqp5bZyb_eM6dMu5m__uuLGjPhYPORHBo-qUJyG0BDe3L3teIgPtw/s1600/p.jpeg
Modem ADSL : sebuah teknologi interkoneksi data yang hanya menggunakn kabel telpon biasa dengan kecepaptan max Dowstream Up To 8 Megabit per detik (Mbps) dengan jarak max 6000 feet(1820meter) &kecepatan max Upstream Up To 640 kilobit per detik (Kbps).


h.      Modem USB
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxggpmH7M_yEr-m1fftFXb7RCWqJpInpWwTFe48T3p2qvcC4aQleaTOq1Ng2csz_weGiyHfoCH8hq_CU9r1YEsQ2UxXEf0nDBMs6K52n1b0BusOH7MmnGkOlz6o5JdHUTUXG7Pb8vpeDU/s1600/o.jpeg
Modem USB : modem perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer menggunakan USB portabel perangkat tertentu yang terlihat mirip dengan flash drive USB.

i.        kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
- Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
- Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
- Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

j.        Plotter
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjbC3Xif5mhAipyOnKRdrtBDI_6wDmfo29M5Mtm19LhozGIh8Hmafeg2CeA1EP8rG3Jnrvs-wyDZsFerxgkJzBPONNp44Q3SoybxH1JwaHbFkgGfMhOQWpT9UK33Uy2YVKV6bp_uBTZaI/s200/PLOT.jpg
Plotter digunakan untuk mencetak atau menampilkan hasil pengolahan data pada kertas dengan ukuran besar (digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar).






2
a. Ncomputing

Sejak awal ditemukan dan diperkenalkan pada dunia, komputer dan segala aksesorisnya telah menjadi fenomena yang luar biasa, bahkan hingga kini. Berbagai jenis produk teknologi yang berhubungan dengan komputer telah banyak ditemukan dan diperkenalkan oleh khalayak luas, seperti Ncomputing. Dan memang Ncomputing adalah fenomena baru dalam dunia komputerisasi, yang akhir-akhir ini menghiasi banyak artikel dan berita teknologi informasi. Karena merupakan produk baru dalam dunia komputer, mungkin banyak orang belum begitu mengenal Ncomputing, sehingga mereka tidak tertarik untuk menggunakan; walaupun banyak manfaat yang ditawarkan oleh Ncomputing. Sebenarnya banyak informasi dan review tentang manfaat NComputing di media seperti majalah, koran, maupun di dunia maya. Namun sebagai highlight, inilah informasi singkat dan padat tentang Ncomputing, berikut manfaat dan kelebihannya.
Ncomputing adalah sistem terminal komputer, yang mirip dengan thin client, di mana beberapa komputer mengakses server yang sama. Kebanyakan terminal komputer memang harus menggunakan satu set komputer (Monitor, CPU, Keyboard dan Mouse). Namun jika menggunakan NComputing, CPU tidak diperlukan lagi, karena CPU telah digantikan dengan NComputing.

b.pc station

PC STATION merupakan alternatif server PC yang didasarkan pada modus aplikasi jaringan dan koneksi server untuk menggunakan seluruh sumber daya, terminal menggunakan mode kerja C / S (CLIENT / SERVER), tidak perlu hard drive karena semua data diletakkan di server.
PC-Station adalah sebuah teknologi terbaru yang dapat memaksimalkan sebuah komputer hingga dapat digunakan secara bersamaan hingga 30 User, tak perlu menambah PC/CPU dalam setiap penambahan user. Dengan menggunakan penghubung Swithub/Rooter dapat digunakan hingga jarak 100 m.
PC STATION tidak hanya dapat dioperasikan sebagai komputer secara terpisah, selain dapat digunakan untuk web browsing, dapat juga digunakan untuk saling berbagi dalam suatu jaringan, sehingga dapat diterapkan pada operasi bisnis jaringan dengan mengambil keuntungan biaya inovatif.
PC STATION menggunakan teknologi perangkat lunak bebas untuk saling berbagi sumber daya, karena dapat langsung dihubungkan pada server yang memiliki Original Software (OS) : Windows XP Professional, dan Windows server 2003.
PC STATION menyederhanakan Pusat Pengaturan yang umumnya dijumpai di PC tradisional, PC STATION telah digunakan di seluruh dunia dan didukung oleh IBM, GOOGLE, Microsoft, Amazon, dll atas segala keunggulan yang dimilikinya.

3
a. ncomputing

Kelebihannya :
->Pemenang berbagai penghargaan dunia
->
Digunakan hampir di seluruh bagian departemen pendidikan di India
->Biaya lebih efektif
->Tidak membutuhkan perawatan
->Kompatibilitas
->Pengoperasian Windows secara Simultan
->Desain yang ringkas
->Tidak berisik dan pengunaan listrik kecil hanya 5 watt
->Supports high resolution tampilan monitor
->Aman dan cepat
->Siap dan mudah digunakan
->Bisa menjalankan software AutoCAD
->Bisa menjalankan software accounting Accurate
->Bisa windows 7

b.  pc station
Kelebihannya :
  1. Hanya butuh 1 Komputer saja untuk Host
  2. Instalasi mudah
  3. Konsumsi daya hanya 3 – 5 Watt (saving cost 80%)
  4. Memiliki IP Address di masing-masing PC Station
  5. Software cukup di Host saja
  6. Investasi lebih murah dibanding Personal Komputer (Hardware dan Software)
  7. Tidak perlu perawatan, karena tidak pakai Harddisk, RAM, CPU ( saving cost 85% )
  8. Upgrade Sistem hanya pada Host
  9. Satu PC bisa digunakan / sharing hingga lebih 30 user dengan melakukan pekerjaan yang berbeda-beda
  10. Cukup investasi 1 Lisence software pada Server ( saving cost 90% )
  11. Mengurangi investasi dan Upgrade Komputer ( saving cost 70% )
  12. Ukuran yang kecil dan tipis akan bisa menghemat tempat ( saving area 65% )
  13. Bebas virus selama cpu servernya kondisi baik
4
a. ncomputing

Kelemahan Ncomputing :
  1. Tidak di sarankan untuk aplikasi 3D seperti game multiplayer, editing, picture dll.
  2. Tipe tertentu kurang bagus untuk play video / flash kecuali tipe ncomputing U170 dan Ncomputing L300.
  3. Ketika masuk ke windows cpu servernya maka IPAddres yg terdetect adalah ipaddres cpu servernya karena cara kerja alat ini Remote Desktop user-user yang ada di cpu servernya tapi dasarnya IPAddresnya berbeda untuk bisa konek ke cpu servernya. Hal ini akan membatasi user dalam menggunakan beberapa program yang membutuhkan alamat IP berbeda seperti program IPMsg (IP based messeging), print control, Software auditing dan program lain yang berbasis jaringan. (Solusi : cara setting ipaddres di ncomputing)
  4. Tidak di sarankan untuk aplikasi high network seperti VPN dll atau database, namun jika aplikasi Anda bisa di pakai dg model di remote desktop oleh cpu lain, maka seharusnya Alat ini bisa juga.
  5. Seri X dan U tidak ada ipaddress, jadi tidak sama dengan ncomputing seri L. (Solusi seri X dan U pakai ipaddress virtual ncomputing)
  6. Spare part tidak dijual umum tapi bisa di servicekan selama order dari Perusahaan kami.
  7. Harga ncomputing Lumayan Mahal dibanding PC Station.

b.pc station

Kelemahan PC Station :
  1. Tidak di sarankan untuk aplikasi 3D seperti game, editing, picture dll.
  2. Tipe tertentu kurang bagus untuk play video / flash kecuali tipe pc station U110ncomputing U170 dan Ncomputing L300.
  3. Ketika masuk ke windows cpu servernya maka IPAddres yg terdetect adalah ipaddres cpu servernya karena cara kerja alat ini Remote Desktop user-user yang ada di cpu servernya tapi dasarnya IPAddresnya berbeda untuk bisa konek ke cpu servernya.
  4. Tidak di sarankan untuk aplikasi high network seperti VPN dll atau database, namun jika aplikasi Anda bisa di pakai dg model di remote desktop oleh cpu lain, maka seharusnya Alat ini bisa juga.
  5. Spare part tidak dijual umum, kecuali di Perusahaan kami.






5
Macam-macam ncomputing

-           NComputing seri X, terhubung ke PC server melalui PCI card yang dipasang di PC Server. Karena keterbatasan jumlah slot PCI, maka seri X terbatas pada 3-5 client untuk setiap Server. Jarak maksimalnya hanya sekitar 10m. Yang tersedia saat ini adalah NComputing X350 dan NComputing X550
-          NComputing seri L, menghubungkan Client / Workstation ke Server melalui jaringan LAN (Local Area Network). Jumlah client yang bisa terhubung ke Server tergantung dari spesifikasi Server, semakin bagus spesifikasinya, makin banyak jumlah user yang bisa terhubung. Untuk Server dengan spesifikasi entry-level, mampu menampung hingga 30 user. Yang tersedia saat ini adalah NComputing L300.
-          NComputing seri U, menggunakan port USB yang ada di Server. Karena itu, seri U paling mudah untuk dipasang. Tapi karena keterbatasan USB, maka terbatas pula jumlah client dan jarak antara Server ke Client. Yang tersedia saat ini adalah NComputing U170
Dengan berbagai kelebihan dan manfaatnya, NComputing sangat cocok untuk dipakai di kantor-kantor, pabrik, sekolah-sekolah, universitas, warnet dan tempat-tempat lain yang memerlukan komputer dalam jumlah banyak.

6
Macam-macam pc station

-          Seri U110

-          Seri NC430

-          Seri NC230

-          T680W Support Wifi


7
Perbedaan ncomputing & pc station

Jadi pc station made in china, klo ncomputing made in USA. hati2 agan ketipu ama penjual yg blg pc station / pc smart dg kata2 ncomputing, biasanya produk USA lbh mahal tp bgus, klo hrgnya agak murah dy blg ncomputing itu berarti made in china yg pakai software drivernya ncomputing asli jadi brgnya made in china cm softwarenya asli USA. ciri2nya penjual itu blg serinya NC130 atau NC230 dll pdhl itu produk china ytu pc station bkn ncomputing asli USA.

1 komentar:

REZA mengatakan...

thanks :3

Posting Komentar

Copyright © 2010 zulkarnain | Design : Noyod.Com | Images: Moutonzare